Selasa, 07 Mei 2013

Peta Yunani Kuno

Sumber : http://www.greeka.com/greece-maps/ancient-greece-map.htm

Dalam sejarah Yunani Kuno ada beberapa kelompok atau bangsa yang menjadi cikal bakal peradaban Yunani diantaranya adalah :
a.         Bangsa Minoa
Bangsa minoa merupakan perpaduan dari dua kebudayaan kecil yaitu suku kreta yang dating dari Asia Kecil dan Mikene yang dating dari Eropa Bagian Utara. Nama Minoa berasal dari nama Minos, raja kreta yang berkedudukan di kota Knosus. Kebudayaan Minoa desebut juga kebudayaan laut Aegea. Kebudayaan ini berkembang mulai dari 3000 SM – 1000 SM (pada zaman Perunggu). Bangsa ini dikenal dengan bangsa yang cukup maju terlihat dari maha karyanya yang berupa bangunan atau istana megah di Knosus dan lukisan cat cair pada dinding-dindingnya.
b.         Bangsa Hellena
Hellena (Hellas) merupakan nama panggilan untuk orang-orang Yunani, pada awalnya mereka merupakan suku nomaden dari rumpun Indo-Eropa. Akan tetapi sekitar  tahun 2000 SM sampai 1000 SM mereka berhasil melancarkan penyerbuan terhadap daerah Yunani, Dalam penyerbuan itu mereka berhasil menaklukan penduduk asli daerah itu pada tahap selanjutnya mereka menghancurkan dan menundukan kebudayaan Mikene dan Kreta (Bangsa Minoa).
Secara garis besar Bangsa Hellena memiliki beberapa Suku-suku diantaranya :
1.      Arcadian/Akhaia
2.      Ionian
3.      Aeolian
4.      Dorian.
Diantara keempat suku ini suku Ionian merupakan suku yang paling maju. Dari nama lonian ini lah kita dapat mengenal nama yunani sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar